Cara Melaporkan Artikel Blog Copas ke Google DMCA

July 30, 2017
Cara Melaporkan Artikel Blog Copas ke Google DMCA - Menjadi seorang blogger, berarti kita harus bertanggung jawab atas apa yang kita tulis di blog kita. Bahkan, kita juga harus bertanggung jawab apabila artikel blog kita dicopas.

Apabila artikel blog kita dicopas, maka blog kita juga akan terkena dampaknya. Yap, tidak hanya blog sang copaser yang akan terkena dampaknya, tetapi blog sumber juga akan terkena dampaknya. Untuk menghindari hal tersebut, maka anda harus melaporkan blog yang telah mengcopas artikel dari blog anda.

Berbicara tentang tanggung jawab terhadap blog, kita harus melaporkan blog yang berani beraninya mengcopas artikel dari blog anda. Karena jika blog anda dicopas blog lain, maka reputasi blog kita akan menjadi buruk dimata mesin pencari.

Bagi anda yang ingin melaporkan artikel blog yang telah mengcopas artikel blog anda, pada postingan kali ini kami akan mencoba untuk membagikan sebuah tutorial bagaimana Cara Melaporkan Artikel Blog Copas ke Google DMCA.

CARA MELAPORKAN ARTIKEL BLOG COPAS KE GOOGLE DMCA

Pertama, silahkan anda mengunjungi halaman Google DMCA

Kemudian akan muncul sebuah form disana. Isikanlah data yang diminta.
Cara Melaporkan Artikel Blog Copas ke Google DMCA
Keterangan :
  • First name : Isikan dengan nama depan anda.
  • Last name : Isikan dengan nama belakang anda.
  • Company name : Isikan dengan judul blog yang artikelnya telah di copas oleh blog lain.
  • Copyright Holder You Present : Pilih pemegang hak ciptanya. Pilih saja dengan "Self".
  • Email address : Masukkan alamat email anda yang masih aktif. Karena akan digunakan sebagai pemberitahuan perkembangan laporan nantinya.
  • Country/Region : Pilihlah dengan negara anda.

Kemudian setelah anda scroll ke bawah, maka anda akan melihat beberapa kolom lagi seperti gambar di bawah ini :
Cara Melaporkan Artikel Blog Copas ke Google DMCA
Keterangan :
  • Kolom Pertama, masukkan dengan apa dan bagaimana kasus copy paste yang anda alami. Misalnya : Saya telah mempublikasikan artikel dengan judul "Apa Itu Coeg? Pengertian Coeg" dan artikel tersebut dipublikasikan ulang di blog lain tanpa seizin saya.
  • Kolom Kedua, masukkan dengan URL dari artikel yang ASLI.
  • Kolom Ketiga, masukkan dengan URL pengcopas.

Jika anda ingin melaporkan artikel lain, anda bisa mengklik Add A New Group dengan jumlah maksimal 10. Kemudian isikan seperti keterangan-keterangan diatas.
Cara Melaporkan Artikel Blog Copas ke Google DMCA
Kemudian pada SWORD STATEMENTS, centang semua pilihan yang diberikan.

Lalu pada SIGNATURE, akan ada dua kolom disana. 

Keterangan :
  • Kolom pertama, masukkan tanggal anda melaporkan dengan format MM/DD/YYYY (Bulan/Tanggal/Tahun)
  • Kolom kedua, masukkan dengan nama lengkap anda.

Lalu lakukan verifikasi captcha. Setelah itu klik tombol Submit.

Setelah itu anda hanya tinggal menunggu konfirmasi dari Google bahwa peninjauan artikel sedang diproses. Anda akan dikirmkan email dari Google nantinya.

Setelah ini admin dari blog pengcopas akan menerima peringatan untuk menghapus artikel tersebut. Apabila tidak dihapus, maka Google akan menghapusnya secara "paksa" bahkan kemungkinan juga akan menghapus blognya.

Baiklah mungkin hanya ini yang dapat kami bagikan pada artikel tutorial kali ini. Kita telah membahas tentang bagaimana Cara Melaporkan Artikel Blog Copas ke Google DMCA. Apabila anda memiliki pertanyaan ataupun sebuah komentar silahkan anda berkomentar di bawah. Dan jangan lupa bagikan artikel ini ke teman blogger anda disosial media!
Previous
Next Post »
0 Komentar