Cara Cek Kecepatan Loading Blog

July 15, 2017
Cara Cek Kecepatan Loading Blog - Seorang blogger tentunya harus memperhatikan kualitas SEO dari blognya. Tentunya hal ini juga berhubungan dengan loading blog. Karena itu sebagai seorang blogger, kita tentunya harus mengetahui seberapa cepat loading blog kita.

Baca Juga : Cara Cek Kualitas SEO Di Blog

Loading blog merupakan hal yang perlu diperhatikan. Tanpa loading blog yang cepat, maka itu akan memengaruhi bounce rate dari blog anda. Bayangkan jikalau anda menjadi pengunjung blog dan mengunjungi blog yang loadingnya lama, tahan nggak?

Bagi anda yang ingin mempelajari bagaimana cara cek kecepatan loading blog, anda datang pada halaman yang tepat. Pada postingan kali ini kami akan coba untuk membagikan bagaimana Cara Cek Kecepatan Loading Blog.

CARA CEK KECEPATAN LOADING BLOG

Berikut ini adalah tutorial bagaimana cara cek kecepatan loading blog :

LEWAT GOOGLE PAGESPEED INSIGHTS

Pertama, silahkan anda masuk terlebih dahulu pada halaman Google PageSpeed Insight.

Kemudian masukkan alamat url blog anda atau url postingan anda pada kolom yang diberikan. Lalu klik tombol Analisis.
Cara Cek Kecepatan Loading Blog
Setelah itu anda akan melihat laporan kecepatan loading blog anda. Apabila angka berwarna merah, berarti itu buruk, jika orange, sudah lumayan baik, dan jika hijau, sudah sangat baik.

Karena perangkat mobile dan dekstop kecepatannya berbeda, maka anda dapat memilih tab yang anda inginkan. Mau Mobile atau Dekstop.
Cara Cek Kecepatan Loading Blog
Saya sarankan anda menggunakan url postingan anda agar kita dapat lebih tahu bagaimana halaman tersebut bekerja. Apakah sudah optimal atau masih bisa dioptimalkan lagi.

LEWAT GTMETRIX

Baiklah, bagi anda yang kurang puas dengan layanan PageSpeed Insight, kita akan menggunakan alat lainnya. Yaitu GTMetrix. Berikut tutorialnya :

Pertama, silahkan anda masuk ke halaman GTMetrix.com

Kemudian masukkan alamat url blog atau url postingan yang ingin di cek kecepatan loadingnya pada kolom yang di berikan. Setelah itu klik tombol Analyze.
Cara Cek Kecepatan Loading Blog
Kemudian tunggu beberapa saat sampai proses review selesai. Jika sudah selesai, maka anda akan melihat beberapa laporan. Pada PageSpeed Score, itu adalah nilai skor kecepatan loading halaman yang anda masukkan.
Cara Cek Kecepatan Loading Blog
Dan pada Fully loaded time adalah berapa lama halaman anda akan dimuat.

BAGAIMANA CARA MEMPERBAIKI LOADING BLOG YANG LAMBAT?

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat anda pakai :

  • Membersihkan Script pada Edit HTML yang tidak terpakai.
  • Mengkompres kode Template anda.
  • Mengurangi penggunaan CSS dan JavaScript.
  • Mengkompres gambar yang ada di blog.

Baiklah, mungkin hanya ini yang dapat saya bagikan pada tutorial kali ini. Kita telah membahas tentang bagaimana Cara Cek Kecepatan Loading Blog. Apabila anda memiliki pertanyaan atau sebuah komentar silahkan anda berkomentar di bawah. Dan jangan lupa bagikan artikel ini ke teman blogger anda disosial media!
Previous
Next Post »
0 Komentar