Cara ScreenShot di Laptop atau PC Mudah (Terbaru)

July 04, 2017
Cara ScreenShot di Laptop atau PC - Laptop ataupun PC (Personal Computer) merupakan perangkat yang sangat populer. Ada banyak pengguna dari Laptop/PC ini. Mulai dari kalangan remaja, mahasiswa, pegawai, dan lainnya semua membutuhkan perangkat yang satu ini. Tapi, mungkin saja ada yang bertanya tanya bagaimana cara screenshot pada laptop atau PC.

Tentunya akan ada berbagai momen yang ada di layar laptop anda yang tidak ingin dilewatkan. Karena itulah anda mungkin harus mengetahui cara menscreenshot layar laptop anda. Nah, bagi anda yang ingin mempelajari bagaimana anda bisa mendapatkan tangkapan layar dari laptop atau PC anda, pada kali ini kami ingin membagikan tutorial bagaimana cara screenshot di laptop atau PC dengan mudah.

Saya sendiri sangat membutuhkan cara ini. Karena tanpa cara ini, saya akan sangat sulit untuk menjelaskan bagaimana tahap demi tahap tentang tutorial yang saya bagikan di blog ini. Agar pembaca lebih mengerti, saya harus menyediakan gambar untuk memperjelas tutorial saya.

Bagi anda, saya tidak tahu,.. yang jelas, anda harus mengetahui trik ini. Bagi anda yang ingin mempelajari bagaimana Cara ScreenShot di Laptop atau PC, berikut ini adalah tutorialnya.

CARA SCREENSHOT DI LAPTOP ATAU PC

Dalam tutorial kali ini, saya menyediakan 2 tutorial, yang pertama adalah mengambil screenshot tanpa aplikasi. Dan yang kedua adalah mengambil screenshot dengan aplikasi. Kedua cara fungsinya memang sama, tetapi saya lebih menganjurkan anda menggunakan aplikasi untuk mengambil screenshot dari laptop anda.

1. MENGGUNAKAN TOMBOL PrtSc

Pada cara pertama ini kita akan menggunakan tombol PrtSc yang terdapat pada masing masing keyboard. Berikut ini adalah panduannya.

Pertama, silahkan anda menyiapkan layar anda yang ingin di screenshot. Kemudian, setelah layar siap tekan tombol PrtSc yang terdapat pada keyboard anda.

Kemudian, buka program Paint. Anda dapat membukanya dengan cara klik Start > All Programs > Accessories kemudian pilih Paint.
Cara ScreenShot di Laptop atau PC
Lalu, klik kanan pada mouse, kemudian pilih dan klik Paste. Lalu save gambar.
Cara ScreenShot di Laptop atau PC
Walaupun cara ini tergolong mudah, namun masalahnya terdapat pada area gambar. Kita tidak dapat menentukan area gambar yang kita inginkan dengan cara ini. Yang pasti, cara ini mengambil semua layar laptop anda. Seperti sistem WYSIWYG(What You See Is What You Get).

2. MENGGUNAKAN APLIKASI LIGHTSHOT

Pertama, silahkan anda mendownload aplikasi LightShot pada website resminya. Tinggal cari saja di Google dengan mengetikkan "LightShot".

Kemudian, setelah proses pendownloadan selesai, bukalah file setup tersebut. Kemudian akan muncul sebuah box Open File - Security Warning, klik tombol Run.
Cara ScreenShot di Laptop atau PC
Lalu pada box Select Setup Language, pilih Indonesia. Klik OK.
Cara ScreenShot di Laptop atau PC
Pilih Saya setuju dengan kesepakatan tersebut. Klik tombol Lanjut >.
Cara ScreenShot di Laptop atau PC
Kemudian tunggu selama proses instalasi Lightshot berjalan. 

Setelah proses instalasi selesai, anda dapat mengambil screenshot di laptop anda dengan cara menekan tombol PrtSc.

Kemudian layar akan menjadi gelap, pilih area yang ingin anda ambil screenshotnya dengan cara klik kiri tahan dan geser ke area yang diinginkan.

Lalu tekan tombol Ctrl + S dan pilih lokasi destinasi dimana file gambar akan disimpan.

Baiklah, mungkin hanya itu yang dapat saya bagikan pada tutorial kali ini. Kita telah membahas tentang bagaimana Cara ScreenShot di Laptop atau PC. Apabila ada yang kurang jelas atau ada yang ingin anda tanyakan silahkan anda tinggalkan komentar di bawah. Dan jangan lupa bagikan trik ini kepada teman teman anda di sosial media!
Previous
Next Post »
0 Komentar